InpoRRA ยป Blog

๐ŸŒ

Perbedaan Router dan Access Point

Tabel Perbedaan Router Dan Access Point Beserta Fitur

8 Perbedaan Router dan Access Point

Fitur Wireless Router Wireless Access Point
Fungsi Menghubungkan jaringan kabel dan nirkabel, serta menyediakan akses ke internet. Menyebarkan sinyal nirkabel dari jaringan kabel.
Koneksi Dapat menghubungkan perangkat melalui kabel Ethernet, Wi-Fi, atau keduanya. Hanya dapat menghubungkan perangkat melalui Wi-Fi.
Cakupan Cakupannya lebih luas daripada access point, karena dapat menggunakan antena yang lebih kuat. Cakupannya lebih terbatas daripada router, karena hanya menggunakan antena internal.
Fitur Memiliki berbagai fitur, seperti DHCP, NAT, firewall, dan QoS. Memiliki fitur yang lebih terbatas, seperti DHCP dan NAT.
Harga Lebih mahal daripada access point. Lebih murah daripada router.
Penggunaan Umumnya digunakan di rumah, kantor, dan organisasi kecil. Umumnya digunakan di kantor dan organisasi besar untuk memperluas jangkauan Wi-Fi.
Bentuk Biasanya berbentuk kotak Biasanya berbentuk bulat atau persegi panjang
Contoh produk TP-Link Archer C20, Asus RT-AX55, Netgear Nighthawk R7000 TP-Link EAP245, Ubiquiti UniFi AP-AC-Lite, Mikrotik hAP AC

Penjelasan dari Tabel Perbedaan Router dan Access Point

  • Fungsi

Perbedaan router dan access point sama-sama memiliki fungsi untuk menghubungkan perangkat ke jaringan. Namun, router memiliki fungsi tambahan untuk menghubungkan jaringan kabel dan nirkabel, serta menyediakan akses ke internet. Access point hanya memiliki fungsi untuk menyebarkan sinyal nirkabel dari jaringan kabel.

  • Koneksi

Router dapat menghubungkan perangkat melalui kabel Ethernet, Wi-Fi, atau keduanya. Access point hanya dapat menghubungkan perangkat melalui Wi-Fi.

  • Cakupan

Router memiliki cakupan yang lebih luas daripada access point, karena dapat menggunakan antena yang lebih kuat. Access point memiliki cakupan yang lebih terbatas daripada router, karena hanya menggunakan antena internal.

  • Fitur

Router memiliki berbagai fitur, seperti DHCP, NAT, firewall, dan QoS. DHCP digunakan untuk memberikan alamat IP secara otomatis ke perangkat. NAT digunakan untuk menyembunyikan alamat IP internal dari internet. Firewall digunakan untuk melindungi jaringan dari serangan. QoS digunakan untuk mengatur prioritas lalu lintas jaringan.

Access point memiliki fitur yang lebih terbatas, seperti DHCP dan NAT. DHCP digunakan untuk memberikan alamat IP secara otomatis ke perangkat. NAT digunakan untuk menyembunyikan alamat IP internal dari internet.

  • Harga

Router umumnya lebih mahal daripada access point. Hal ini karena router memiliki fitur yang lebih lengkap dan cakupan yang lebih luas.

  • Penggunaan

Router umumnya digunakan di rumah, kantor, dan organisasi kecil. Access point umumnya digunakan di kantor dan organisasi besar untuk memperluas jangkauan Wi-Fi.

  • Bentuk

Router biasanya berbentuk kotak. Sementara itu, access point biasanya berbentuk bulat atau persegi panjang.

  • Contoh produk

Berikut adalah beberapa contoh produk router dan access point:

  1. Router: TP-Link Archer C20, Asus RT-AX55, Netgear Nighthawk R7000
  2. Access point: TP-Link EAP245, Ubiquiti UniFi AP-AC-Lite, Mikrotik hAP AC

10 Perbedaan Fitur Router dan Access Point

Fitur Wireless Router Wireless Access Point
Kemampuan routing Ada Tidak ada
Kemampuan NAT Ada Tidak ada
Kemampuan dalam DHCP Ada Ada
Kemampuan firewall Ada Ada (tergantung model)
Kemampuan bandwidth control Ada Tidak ada
Kemampuan port forwarding Ada Tidak ada
Kemampuan port redirecting Ada Tidak ada
Kemampuan QoS Ada (tergantung model) Tidak ada
Kemampuan VPN Ada (tergantung model) Tidak ada
Kemampuan keamanan Lebih tinggi Lebih rendah

Penjelasan dari Tabel Perbedaan Fitur Router dan Access Point

Router adalah perangkat yang menghubungkan dua jaringan yang berbeda, baik secara kabel maupun nirkabel. Router memiliki kemampuan routing, yang memungkinkannya untuk meneruskan paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router juga memiliki kemampuan NAT, yang memungkinkannya untuk menyembunyikan alamat IP internal dari jaringan lokal dari jaringan publik.

Access point adalah perangkat yang menyediakan akses jaringan nirkabel untuk perangkat klien. Access point tidak memiliki kemampuan routing, sehingga tidak dapat menghubungkan dua jaringan yang berbeda. Access point juga tidak memiliki kemampuan NAT, sehingga alamat IP perangkat klien akan terlihat oleh jaringan publik.

Berdasarkan tabel di atas, dapat dilihat bahwa router memiliki fitur yang lebih lengkap daripada access point. Router memiliki kemampuan routing, NAT, DHCP, firewall, bandwidth control, port forwarding, port redirecting, QoS, VPN, dan keamanan yang lebih tinggi. Access point hanya memiliki kemampuan untuk menyediakan akses jaringan nirkabel.

Oleh karena itu, router lebih cocok digunakan untuk jaringan yang membutuhkan fitur-fitur yang lebih lengkap, seperti jaringan kantor, jaringan sekolah, atau jaringan rumah yang besar. Access point lebih cocok digunakan untuk jaringan yang sederhana, seperti jaringan rumah kecil atau jaringan warnet.

Kesimpulan

  • Router dan access point adalah dua perangkat jaringan yang berbeda.
  • Router memiliki fitur yang lebih lengkap daripada access point.
  • Router cocok digunakan untuk jaringan yang membutuhkan fitur-fitur yang lebih lengkap.
  • Access point cocok digunakan untuk jaringan yang sederhana.

Baca Juga Artikel Lainnya

๐Ÿ”
๐Ÿ“ƒ

Cara Pasang Kabel LAN: Jenis Dan Fungsinya

23 Days ago โ€” Sebelum bahas cara pasang kabel LAN, alangkah baiknya untuk mengetahui jenis dan fungsi dari kabel LAN. 3 Jenis Kabel LAN Berdasarkan Urutan Warna dan Fungsinya Kabel LAN merupakan salah satu perangkat keras yang penting dalam jaringan komputer. Kabel LAN berfungsi sebagai media transmisi data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

๐Ÿ“ƒ

Galau Saat Registrasi Kartu Indosat Gagal 5x? Baca Solusinya!

19 Days ago โ€” Ketahui Penyebab “Registrasi Kartu Indosat Gagal 5x” dan Cara Mengatasinya Sejak diberlakukannya regulasi registrasi kartu SIM oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada tahun 2018, masyarakat Indonesia diwajibkan untuk melakukan registrasi kartu SIM prabayar dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

๐Ÿ“ƒ

Apakah Wifi Iconnet Bagus, 6 Kelebihan & 3 Kekurangannya

21 Days ago โ€” Iconnet adalah layanan WiFi yang baru diluncurkan oleh PT PLN (Persero). Layanan ini menawarkan beberapa kelebihan yang menarik, seperti kecepatan internet yang tinggi dan stabil, tanpa FUP, harga yang terjangkau, layanan 24 jam, dan mendukung berbagai perangkat. Secara umum, Iconnet merupakan layanan WiFi yang bagus.