InpoRRA ยป Blog

๐ŸŒ

Perbedaan Makalah dan Artikel

11 Perbedaan Artikel Dan Makalah, Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Artikel dan Makalah Menurut Para Ahli

Perbedaan Artikel dan Makalah - Artikel dan makalah merupakan dua jenis karya tulis yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tentu keduanya memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda.

Pengertian Artikel

Artikel adalah karangan yang memuat fakta dan gagasan tentang suatu masalah yang ditulis secara ringkas dan padat. Artikel biasanya dipublikasikan di media massa, seperti surat kabar, majalah, atau jurnal.

Menurut Sumandiria (2008: 12), artikel adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah tertentu secara ringkas dan padat. Artikel biasanya ditulis untuk menyampaikan informasi, opini, atau ajakan kepada pembaca.

Ensiklopedia Pers Indonesia (1985: 216) mengartikan artikel sebagai karangan prosa yang memuat fakta dan gagasan tentang suatu masalah yang ditulis secara ringkas dan padat. Artikel biasanya dipublikasikan di media massa, seperti surat kabar, majalah, atau jurnal.

Panuti Sudjiman (2009: 137) berpendapat bahwa artikel adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah tertentu secara ringkas dan padat. Artikel biasanya ditulis untuk menyampaikan informasi, opini, atau ajakan kepada pembaca.

Surakmaji (1981: 19) berpendapat bahwa artikel adalah suatu karangan yang membahas suatu masalah tertentu secara ringkas dan padat, berdasarkan hasil penelitian atau pengkajian.

Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut, artikel dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • Artikel adalah karya tulis yang membahas suatu masalah tertentu secara ringkas dan padat.
  • Artikel biasanya ditulis untuk menyampaikan informasi, opini, atau ajakan kepada pembaca.
  • Artikel biasanya dipublikasikan di media massa, seperti surat kabar, majalah, atau jurnal.

Pengertian Makalah

Menurut Sumandiria (2008: 11), makalah adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah tertentu secara objektif dan sistematis. Makalah biasanya ditulis untuk memenuhi tugas kuliah, seminar, atau konferensi.

Ensiklopedia Pers Indonesia (1985: 215) mengartikan makalah sebagai karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.

Panuti Sudjiman (2009: 137) mendefinisikan makalah sebagai karangan prosa yang bukan rekaan dan membahas tentang suatu topik tertentu saja. Dalam pengertian makalah, umumnya akan dipublikasikan di majalah dan juga koran atau juga bisa dalam bentuk buku antologi.

Surakmaji (1981: 19) berpendapat bahwa makalah adalah suatu karangan yang membahas suatu masalah tertentu secara mendalam dan sistematis, berdasarkan hasil penelitian atau pengkajian.

Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut, makalah dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • Makalah adalah karya tulis yang membahas suatu masalah tertentu secara mendalam dan sistematis.
  • Makalah ditulis dengan menggunakan bahasa yang objektif dan logis.
  • Makalah biasanya ditulis untuk memenuhi tugas kuliah, seminar, atau konferensi.

11 Perbedaan Artikel dan Makalah, Yaitu:

Aspek Makalah Artikel
Pengertian Karya tulis ilmiah yang membahas suatu topik tertentu secara mendalam dan sistematis. Tulisan yang membahas suatu topik tertentu dengan panjang tertentu, dibuat untuk dipublikasikan pada koran, majalah, atau buletin.
Tujuan Menjawab suatu permasalahan atau hipotesis melalui penelitian. Menyajikan ide, fakta, atau opini yang dapat meyakinkan, mendidik, bahkan menghibur pembaca.
Format Terdiri dari bagian-bagian yang baku, seperti pendahuluan, isi, simpulan, dan daftar pustaka. Tidak memiliki format baku, tetapi umumnya terdiri dari bagian-bagian utama, seperti judul, pendahuluan, isi, dan penutup.
Panjang Panjangnya bervariasi, tergantung pada tingkat kedalaman pembahasan dan jumlah sumber yang digunakan. Panjangnya biasanya berkisar antara 500-10.000 kata.
Penulis Umumnya ditulis oleh satu atau beberapa orang peneliti atau akademisi. Dapat ditulis oleh satu atau lebih orang, baik dari kalangan akademisi, jurnalis, maupun umum.
Tema Umumnya membahas topik-topik ilmiah, seperti penelitian, teori, atau konsep. Dapat membahas berbagai topik, baik ilmiah maupun non-ilmiah.
Gaya penulisan Objektif dan menggunakan bahasa ilmiah yang baku. Subjektif dan menggunakan bahasa yang lebih lugas dan menarik.
Dasar argumen Didasarkan pada hasil penelitian atau kajian literatur yang mendalam. Didasarkan pada data, fakta, atau opini penulis.
Tinjauan pustaka Wajib dicantumkan untuk menunjukkan bahwa penulis telah memahami dan mendalami topik yang dibahas. Tidak wajib dicantumkan, tetapi dapat dicantumkan untuk mendukung argumen penulis.
Referensi Wajib dicantumkan untuk menunjukkan sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan. Tidak wajib dicantumkan, tetapi dapat dicantumkan untuk menunjukkan sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan.
Penggunaan kutipan Wajib menggunakan kutipan untuk mengutip pendapat atau hasil penelitian orang lain. Tidak wajib menggunakan kutipan, tetapi dapat menggunakan kutipan untuk memperkuat argumen penulis.
Penggunaan tabel, grafik, atau gambar Dapat digunakan untuk memperjelas atau memperkuat argumen penulis. Dapat digunakan untuk memperjelas atau memperkuat argumen penulis.
Tujuan publikasi Dipublikasikan dalam jurnal ilmiah atau dipresentasikan dalam seminar atau konferensi. Dipublikasikan dalam koran, majalah, atau buletin.

Berdasarkan tabel di atas, makalah dan artikel memiliki beberapa Perbedaan Artikel dan Makalah yang mendasar, yaitu:

  • Tujuan: Makalah bertujuan untuk menjawab suatu permasalahan atau hipotesis melalui penelitian, sedangkan artikel bertujuan untuk menyajikan ide, fakta, atau opini yang dapat meyakinkan, mendidik, bahkan menghibur pembaca.
  • Format: Makalah memiliki format baku yang terdiri dari bagian-bagian utama, seperti pendahuluan, isi, simpulan, dan daftar pustaka. Artikel tidak memiliki format baku, tetapi umumnya terdiri dari bagian-bagian utama, seperti judul, pendahuluan, isi, dan penutup.
  • Penulis: Makalah umumnya ditulis oleh satu atau beberapa orang peneliti atau akademisi, sedangkan artikel dapat ditulis oleh satu atau lebih orang, baik dari kalangan akademisi, jurnalis, maupun umum.
  • Tema: Makalah umumnya membahas topik-topik ilmiah, seperti penelitian, teori, atau konsep. Artikel dapat membahas berbagai topik, baik ilmiah maupun non-ilmiah.
  • Gaya penulisan: Makalah ditulis dengan gaya penulisan yang objektif dan menggunakan bahasa ilmiah yang baku. Artikel ditulis dengan gaya penulisan yang subjektif dan menggunakan bahasa yang lebih lugas dan menarik.

Kesimpulan

Makalah dan artikel merupakan dua jenis karya tulis yang memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda. Makalah adalah karya tulis ilmiah yang membahas suatu masalah tertentu secara mendalam dan sistematis. Artikel adalah karya tulis populer yang membahas suatu masalah tertentu secara ringkas dan padat.

Tags: #Artikel, #Makalah.